Sangat menarik 4 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan kucing anggora dan Persia mungkin akan terlihat cukup mencolok bagi pecinta kucing. Akan tetapi bagi sahabat contoh desainer yang belum memahami tentang kucing tentunya akan sulit melihat perbedaan tersebut. Padahal dari asal rasnya saja sudah berbeda. Selain itu bentuk wajah dan karakter tubuhnya juga memiliki perbedaan.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kedua jenis kucing (anggora dan persia) juga perlu dirawat dengan caranya masing-masing mengingat karakternya yang tidak sama. Nah, agar tidak salah dalam memberikan perawatan sebaiknya sahabat contoh desainer memahami betul apa saja perbedaannya. Sebelum berencana untuk membeli atau mengadopsi kucing anggora atau Persia, ketahui dulu perbedaannya berikut ini.

Memiliki Daerah Asal yang Berbeda

Perbedaan kucing anggora dan Persia yang pertama yaitu dari segi daerah asalnya. Kucing anggora merupakan salah satu jenis dari ras kucing yang memiliki usia paling tua. Asal mula hewan lucu ini ditemukan di daerah Turki tepatnya kota Ankara atau Anggora. Sebagian besar orang menyakini bahwa ras ini sudah muncul sejak tahun 1600-an.

Sementara kucing Persia berasal dari daerah yang sesuai dengan namanya yaitu Persia (sekarang dikenal dengan Iran). Binatang peliharaan ini diperkenalkan ke negara Italia pada tahun 1620-an. Saat ini ras Persia sudah dikenal di Indonesia secara luas dan menjadi salah satu favorit pecinta kucing untuk dipelihara. (Baca Juga: obat alami kucing muntah kuning dan tidak mau makan).

Karakteristik Bentuk Wajah dari Kedua Kucing

Jika dilihat dari bentuk wajahnya, sahabat contoh desainer bisa menemukan perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya. Kucing anggora memiliki bentuk wajah seperti segitiga. Jika diperhatikan, wajah ras ini akan tampak seperti kucing lokal atau kampung pada umumnya. Hidungnya sedikit mancung dengan daun telinga panjang dan meruncing.

Sedangkan bentuk wajah ras Persia terlihat lebih bulat. Jenis ras ini memiliki bentuk hidung yang kecil dan pesek. Bagian dagu dan dahinya juga tampak lebih datar kalau diperhatikan dari arah samping. Hewan lucu ini memiliki warna mata yang lebih bervariasi dibanding anggora.

Perbedaan Bentuk Tubuh yang Cukup Mencolok

Perbedaan kucing anggora dan Persia yang cukup mencolok bisa dilihat dari bentuk tubuhnya. Kucing angora adalah kucing yang memiliki sebuah bentuk tubuh yang bisa dibilang berbentuk lebih langsing dan ideal. Otot-otot di tubuhnya juga tidak terlalu tampak menonjol. Dilihat dari ukuran tubuhnya, jenis anggora umumnya lebih tinggi dibanding Persia.

Jika anggora memiliki bentuk tubuh langsing, lain halnya dengan jenis Persia yang terlihat lebih gemuk dan bulat. Ukuran kakinya juga kecil sehingga memiliki postur lebih pendek ketimbang anggora. Tubuhnya yang gemuk dan pendek membuat kucing ini terlihat sangat menggemaskan. Tidak heran kalau banyak orang menyukainya.

Perbedaan Kucing Anggora dengan Persia Jika Dilihat dari Bulunya

Perbedaan kucing anggora dan Persia berikutnya bisa dilihat dari ciri-ciri bulunya. Jenis anggora memiliki bulu yang cukup tebal tetapi tidak lebih tebal dibanding Persia. Seperti yang telah disinggung di awal, ras ini memiliki sedikit kemiripan dengan jenis lokal. Yaitu bulu di bagian wajah yang tidak terlalu lebat.

Lain halnya dengan kucing Persia yang dikenal memiliki bulu lebat serta menyelimuti di sekujur tubuh termasuk bagian wajah. Karakter bulu yang tebal dan panjang membuat jenis kucing satu ini tampak semakin gemuk. Apalagi kalau kucing tersebut termasuk dalam ras murni Persia. Dijamin sahabat contoh desainer bakal semakin gemas saat bermain dengannya. (Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Sakit).

Tabel

Berikut adalah tabel perbedaan antara kucing Anggora dan kucing Persia:

Ciri-ciriKucing AnggoraKucing Persia
AsalTurki (Angora, sekarang disebut Turki)Iran (dulu disebut Persia)
BuluBulu panjang, lembut, dan halusBulu panjang, tebal, dan seringkali lebih lebat
Warna BuluBeragam warna, termasuk putih, hitam, dan abu-abuBeragam warna dan pola, banyak warna solid
Bentuk TelingaTelinga segitiga dengan ujung yang runcingTelinga kecil dan bundar dengan ujung yang melengkung
Bentuk TubuhTubuh yang elegan dan rampingTubuh yang bulat dan padat
HidungHidung panjang dan rampingHidung pendek dan datar
MataMata besar dan bulatMata besar dan bulat
KarakterAktif, energik, dan seringkali sosialTenang, lembut, dan cenderung tenang
Perawatan BuluMembutuhkan perawatan bulu yang intensifBulu yang memerlukan perawatan rutin dan rajin
Kegemaran dalam Lingkungan RumahCenderung suka bermain dan eksplorasiLebih suka tinggal di dalam ruangan dan nyaman
EkorEkor panjang dan berbuluEkor lebat dan seringkali lebih pendek
SuaraBersuara aktif dan suka berkomunikasiBersuara lembut dan cenderung tenang
KepribadianCenderung aktif dan bersosialisasiLebih tenang, cenderung menyendiri
KesehatanUmumnya sehat, tapi memerlukan perawatan bulu yang intensifMemerlukan perawatan mata dan hidung yang lebih intensif
Toleransi terhadap SuhuCenderung lebih tahan terhadap suhu dinginLebih sensitif terhadap suhu panas
Predisposisi GenetikCenderung bebas dari masalah kesehatan genetikRentan terhadap masalah kesehatan mata dan pernapasan
Ukuran DewasaLebih besar dan panjang dibandingkan PersiaLebih kecil dibandingkan Anggora
Kebutuhan AktivitasMemerlukan lebih banyak ruang untuk bermain dan bergerakLebih suka bersantai di dalam rumah
Masa Tumbuh DewasaCenderung mencapai dewasa lebih cepatMemerlukan waktu lebih lama untuk mencapai dewasa

Kesimpulan Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kucing dikenal sebagai hewan peliharaan yang bersahabat dengan manusia. Bentuk tubuhnya sangat lucu serta perilakunya juga menggemaskan sehingga semakin banyak orang tertarik untuk mempunyai peliharaan satu ini. Dua di antara banyak jenis kucing yang sering disukai adalah anggora dan Persia. Sebelum memeliharanya, ketahui dulu perbedaan kucing anggora dan Persia dengan benar.